Tim Brahmana IST AKPRIND Yogyakarta Raih “The Best Strategy” pada Ajang Kontes Robot Indonesia Regional 3 2017

Brahmana JuaraAPPARE!!!

Pada pertandingan putaran perdana di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 Regional 3 DIY, Jateng, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, Tim Brahmana berhasil melakukan APPARE!!!. Ialah posisi dimana semua cakram berhasil dimendaratkan dengan baik disemua meja yang ada pada arena lomba dan langsung dinyatakan sebagai pemenang dalam pertandingan tersebut.

kriReg3Dalam event KRI 2017 Regional 3 tahun ini, Tim Robot IST AKPRIND Yogyakarta mengirimkan 2 tim pada kategori KRAI (Kontes Robot ABU Indonesia) dan KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) Berkaki. Tim Brahmana diketuai oleh Adi Arifin (T. Elektro) dengan anggota dan tim mekaniknya adalah Aryono Priyambudi (T.Elektro), Rangga Sinatra (T.Elektro), Adi Pratomo (T.Elektro), Muhammad Nurhusna Minandin (T.Elektro), dan Altaf Zahra (T.Mesin), tim ini dibimbing oleh Beny Firman, ST., M.Eng.

Tim lainnya adalah Tim Mahaprana pada kategori KRPAI Berkaki yang diketuai oleh Keke Aziz Al Amin (T.Elektro), Muchamad Rizal Rinaldi (T.Informatika), dan Bagus Prabowo (T.Elektro), tim ini dibimbing oleh Taufik Hidayat, ST., M.Eng.

Turut hadir Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan IST AKPRIND Yogyakarta Bpk Ir. Joko Waluyo, MT., mendampingi saat lomba berlangsung. Apresiasi langsung disampaikan beliau saat menyambangi pit stop Tim Brahmana sesaat setelah Tim Brahmana meninggalkan lapangan usai bertanding. Kebanggaan dan kegembiraan terus menerus disampaikan civitas akademika IST AKPRIND atas keberhasilan Tim Brahmana meraih penghargaan “Tim dengan Strategi Terbaik” pada ajang kali ini.

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kontes bidang robotika yang dapat diikuti tim mahasiswa dari institusi atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pada KRI terdapat berbagai divisi yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini dan tujuan kontes, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Tema dan aturan setiap divisi kontes pada KRI mengacu pada kompetisi internasional. KRAI mengacu pada ABU Asia-Pacific Robot Contest. KRPAI mengacu pada Trinity College International Robot Contest. Dan KRSBI mengacu pada RoboCup.

Kontes Robot Indonesia diselenggarakan dalam beberapa Wilayah Tingkat Regional. Pemenang dari setiap Kontes Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Robot Tingkat Nasional. Pemenang pada setiap divisi mendapat penghargaan serta bantuan biaya untuk mengikuti Kompetisi Robot Tingkat Internasional.

Robot KRAI 2017

Untuk dapat mengikuti kegiatan Kontes Robot Indonesia, setiap tim calon peserta harus mengajukan proposal yang ditujukan ke Panitia Pusat KRI dengan persetujuan Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing Perguruan Tinggi. Setiap perguruan tinggi hanya dapat mengirim satu tim peserta untuk masing-masing divisi pada KRI.

Tim yang lolos seleksi proposal mempersiapkan robotnya untuk evaluasi tahap kedua, dengan menyampaikan laporan kemajuan pembuatan robot. Tim yang lolos evaluasi tahap kedua berhak mengikuti KRI Tingkat Regional. Mekanisme pendaftaran, format proposal dan laporan kemajuan dapat dilihat pada Panduan Umum KRI yang dikeluarkan oleh Panitia Pusat KRI.

abu-robocon-2017-japanKRI 2017 diselenggarakan dalam 4 Wilayah Tingkat Regional, yang pembagiannya mencakup sebagai berikut:

  1. Regional 1 meliputi wilayah Sumatera dan sekitarnya
  2. Regional 2 meliputi wilayah Jawa bagian barat, Kalimantan (sebagian) dan Sulawesi
  3. Regional 3 meliputi wilayah Jawa bagian tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan
  4. Regional 4 meliputi wilayah Jawa bagian timur, Bali, NTB, NTT, wilayah Maluku dan wilayah Papua.

Pemenang Kontes pada setiap Wilayah Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional pada tanggal 6-9 Juli 2017. Pemenang Kontes Robot ABU Tingkat Nasional nantinya akan mewakili Indonesia dalam ajang ABU ROBOCON 2017 TOKYO – JEPANG pada tanggal 27 Agustus 2017 @Ota Ward Gymnasium.

Selamat kepada Tim Brahmana IST AKPRIND Yogyakarta, berprestasi tiada henti!


Sumber:

 https://www.kontesrobotindonesia.org/

http://aburobocon.net/

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here