Pelatihan PLC Teknik Elektro IST AKPRIND Yogyakarta
Untuk meningkatkan skill/kemampuan dosen dan laboran di bidang kontrol dan instrumentasi (PLC) serta menyiapkan SDM yang akan membentuk TUK Lab. Instrumentasi dan kontrol (PLC) Jurusan Teknik Elektro, maka Jurusan Teknik Elektro IST AKPRIND Yogyakarta mengirim perwakilan dosen dan tendik untuk memperdalam ilmu Programmable Logic Control (PLC) dari Schneider. Dalam kegiatan ini, Jurusan Teknik Elektro IST AKPRIND Yogyakarta menggandeng PT. Citra Mandiri Elektrik sebagai mitra dalam memberikan pelatihan PLC. PT. Citra Mandiri Elektrik merupakan salah satu distributor PLC Schneider yang berlokasi di Cikupa Tangerang.

Dalam pelatihan, dipelajari materi pemrograman PLC yang menggunakan software SoMachine Basic, Human Machine Interface (HMI) yang dapat didesain menggunakan software VijeoDesaigner, serta pengenalan dan pemrograman Variable Speed Control (VSD) untuk mengatur kecepatan motor pada industri. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi dosen maupun tendik laboran karena materi PLC sinkron dengan perangkat yang banyak digunakan dalam industri.

Sigit Teknik Elektro IST AKPRIND YogyakartaSigit Priyambodo, S.T., M.T. selaku ketua jurusan Teknik Elektro, FTI, IST AKPRIND Yogyakarta mengatakan bahwa tujuan diadakannya pelatihan ini selain meningkatkan skill dosen dan tendik di bidang kontrol dan instrumentasi, juga guna menyiapkan SDM untuk membentuk TUK Laboratorium yang ada di Jurusan Teknik Elektro. Selain itu, ilmu tersebut juga sangat bermanfaat apabila dibagikan kepada mahasiswa elektro di dalam perkuliahan maupun praktikum. Mahasiswa mendapat informasi yang terupdate dan dapat langsung diaplikasikan ketika lulus dan bekerja nanti. Kami sangat yakin akan hal ini, karena lab oratorium kami sudah mempunyai perangkat-perangkat PLC dari Schneider, imbuh Sigit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here