Angkat Penelitian Skripsi tentang Sistem Otomatisasi Kompor Listrik Pemanas Malam (Lilin) Batik, Septa Tri Yunita meraih sebagai Wisudawan Terbaik 3 di Wisuda IST AKPRIND Periode Mei 2017

Angkat Penelitian Skripsi tentang Sistem Otomatisasi Kompor Listrik Pemanas Malam (Lilin) Batik, Septa Tri Yunita meraih sebagai Wisudawan Terbaik 3 di Wisuda IST AKPRIND Periode Mei 2017

Wisudawan Teknik Elektro“…Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas rahmat dan taufiqNya, pada hari Rabu tanggal dua puluh empat bulan Mei tahun dua ribu tujuh belas, saya Rektor Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dengan Resmi melantik Dua ratus tiga orang wisudawan dari Program Strata 1 (S-1) dan Diploma III (D-3) di lingkungan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta pada Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Periode Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 sesuai dengan Surat Keputusan Rektor nomor: 067/Skep/Rek/V/2017 tanggal 24 Mei 2017.

Saya berharap semoga para wisudawan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta ini yang masing-masing memiliki keahlian akademik maupun keahlian profesional senantiasa dapat menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk Nusa, Bangsa dan Agama dengan partisipasi aktif dalam pembangunan sebagai pengamalan Pancasila…”

Begitulah bunyi NASKAH PELANTIKAN yang dibacakan oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, MT., saat mengawali prosesi Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Periode Semester Genap TA. 2016/2017 24 Mei 2017 bertempat di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, dari jurusan teknik elektro sebanyak 11 wisudawan dari program S1 dan 3 wisudawan dari program D3 yang diwisuda pada periode ini.

SeptaMengangkat penelitian skripsi tentang Sistem Otomatisasi Kompor Listrik Pemanas Malam (Lilin) Batik, Septa Tri Yunita meraih sebagai Wisudawan Terbaik 3 pada kesempatan wisuda periode semester genap TA. 2016/2017 ini. Sementara itu Wisudawan Terbaik 1 dan 2 diraih oleh Rudi Nurbiantoro  dan Wisnu Prayogo. Berdasarkan hasil Rapat Yudisium Kelulusan Jurusan Teknik Elektro pada bulan April 2017 lalu, Septa Tri Yunita dinyatakan LULUS dari program Strata 1 dengan IPK 3,68 dengan masa studi 4 tahun 6 bulan. Kerja keras ini dibuktikan saat memaparkan hasil penelitian skripsi didepan Dewan Penguji dalam Ujian Pendadaran. Tampil dengan percaya diri saat mempresentasikan alat yang dibuat oleh Septa serta dibimbing dengan tekun oleh Bpk. Sigit Priyambodo, ST., MT sebagai Dosen Pembimbing 1 dan Bpk. Beny Firman, ST., M.Eng. sebagai Dosen Pembimbing 2, alat ini bekerja dengan baik serta apresiasi dari Dewan Penguji Pendadaran dengan memberikan nilai akhir A.

Berangkat dari masalah di kalangan para pembatik konvensional yang menggunakan intuisi dalam mengatur tingkat panas pada kompor saat memanasi malam (lilin) batik, ide ini diangkat menjadi penelitian skripsi dengan mengedepankan sistem otomatisasi pada kompor listrik sebagai pemanas bahan malam (lilin) batik menggunakan Mikrokontroler ATMEGA328P. Sistem pemanasan otomatis ini bekerja dengan baik dengan menanamkan algoritma PID pada pengendali secara real-time ini.

Kedepannya alat ini akan dikembangkan pada model pemanas kompor gas dengan memperhatikan faktor produksi yang rendah biaya serta ketersediaanya gas sesuai dengan program pemerintah indonesia yaitu beralih dari kompor minyak tanah ke kompor gas.

Selamat kepada para Wisudawan Teknik Elektro IST AKPRIND Yogyakarta atas prestasi yang diraih serta sukses dalam karir kedepan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *