Tim Antena IST AKPRIND Yogyakarta mengikuti event 10th Techno Antenna Fair 2017

Tim Antena IST AKPRIND Yogyakarta mengikuti event 10th Techno Antenna Fair 2017

Techno Antenna Fair atau sering disebut TAF merupakan event lomba antena tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, FT UGM berskala nasional bekerjasama dengan Ristek Dikti. Ajang ini diselenggarakan hari Sabtu, tanggal 20 Mei 2017 dan akan dimulai pukul 07.00 hingga 17.00. Tim Jurusan Teknik Elektro IST AKPRIND Yogyakarta mengirimkan 10 tim antena yang masing-masing tim terdiri dari 3 sampai 4 mahasiswa. Tim ISTA 1, ISTA 2, ISTA 3 dan ISTA 4 dibimbing oleh Bapak Samuel Kristiyana, ST., MT, ISTA 5, ISTA 6, ISTA 7 dibimbing oleh Bapak Denny Hardiyanto, ST., M.Eng serta ISTA 8, ISTA 9 dan ISTA 10 dibimbing oleh ibu Dyah Anggun Sartika, ST., M.Eng.

Kegiatan persiapan dalam rangka mengikuti event ini telah dipersiapkan oleh tim dan pembimbing dari 1 bulan yang lalu. Mulai dari breafing sederhana, dilanjutkan dengan materi teori tentang antena hingga cara melakukan tunning antena yang match pada frekuensi lomba yaitu 144,280 MHz. Frekuensi tersebut merupakan frekuensi yang digunakan ORARI (Organisasi Amateur Radio) untuk melakukan eksperimen. Selanjutnya masing-masing tim melakukan pelatihan dalam melakukan perakitan antena sesuai dengan pembagian masing-masing kategori. Perakitan dimulai dengan pembersihan dan pemolesan batang aluminium yang merupakan bagian dari unit antena, selanjutnya menyiapkan kabel antena RG 8 sepanjang kurang lebih 8 meter 50 ohm. Kategori Antena yang akan dilombakan meliputi antena Omni-Directional dan antena Directional.

Pada H-2 sebelum lomba, masing-masing tim melakukan setting antena dan melakukan uji antena dengan papan skor di Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika hingga malam hari. Perbedaan waktu siang dan malam serta perubahan temperatur tentu akan mempengaruhi performa dari antena itu sendiri. Oleh karena itu diperlukan kestabilan dalam mendapatkan nilai SWR (Standing Wave Ratio) antara 1,0 – 1,6. Menjelang H-1 lomba, masing-masing tim dapat melakukan uji antena di arena lomba yang sebenarnya. Tentu hal tersebut berpengaruh pada settingan sebelumnya karena perbedaan tempat. Hal tersebut membuat tim melakukan setting ulang terhadap antena untuk mendapatkan nilai SWR yang baik sehingga antena cukup layak untuk bertanding keesokan harinya. Hingga pagi ini menjelang lomba, masih terdapat tim yang melakukan setting untuk antenanya dem mendapatkan settingan yang tepat sehingga dapat berprestasi dalam lomba.

Hasil perlombaan antena dimenangkan oleh pihak ORARI dan UGM. Pada putaran siang hari, tim antena AKPRIND berhasil menduduki peringkat ke 5  kategori Omni-Directional Antena. Namun, disaat sore hari, posisi ke-5 tergeser oleh pihak ORARI dengan 1 selisih angka. Hal ini tentu akan menjadi sebuah evaluasi bagi tim antena AKPRIND untuk menyiapkan lebih baik lagi pada perlombaan antena yang akan datang. Tentu semangat dari mahasiswa harus tetap dipupuk untuk lebih bersemangat lagi dalam mengikuti berbagai perlombaan.

17973864_1012777695520497_5536437761254089695_o

IMG-20170520-WA0023

IMG-20170520-WA0014

One thought on “Tim Antena IST AKPRIND Yogyakarta mengikuti event 10th Techno Antenna Fair 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *