Persiapan Tim Robotika IST AKPRIND pada KRI 2017

Persiapan Tim Robotika IST AKPRIND pada KRI 2017

Persiapan Tim Robotik IST AKPRIND Yogyakarta mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017

edit4

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kontes bidang robotika yang dapat diikuti tim mahasiswa dari institusi atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pada KRI terdapat 5 (lima) divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

IST AKPRIND Yogyakarta kembali ikut serta pada event tahunan bergengsi ini dengan mengirimkan 2 tim pada 2 kategori berbeda yaitu Tim Brahmana pada kategori KRAI, dan Tim Mahaprana pada kategori KRPAI Beroda. Persiapan kontes ini diawali dengan presentasi progres tim robot kedua tim dihadapan Rektor IST AKPRIND Yogyakarta Dr. Ir. Amir Hamzah, MT. bersama jajaran pimpinan IST AKPRIND Yogyakarta diantaranya Wakil Rektor 2 Muhammad Sholeh, ST., MT., dan Wakil Rektor 3 Ir. Joko Waluyo, MT. Hadir pada acara tersebut Bendahara Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (YPPP) Erhanudin Setya Wibawa, ST., Ketua Jurusan Teknik Elektro Sigit Priyambodo, ST., MT.

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta memberikan apresiasi tinggi kepada UKM Robotika IST AKPRIND Yogyakarta dalam keikutsertaannya pada kegiatan Kontes Robot Indonesia 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta tidak lupa pula memberikan semangat dan dukungan penuh juga doa agar diberikan kelancaran pada kegiatan ini nantinya dan dapat meraih juara pada kategori yang diikuti.

KRI 2017 diselenggarakan dalam 4 Wilayah Tingkat Regional, yang pembagiannya mencakup sebagai berikut: Regional 1 meliputi wilayah Sumatera dan sekitarnya; Regional 2 meliputi wilayah Jawa bagian barat, Kalimantan (sebagian) dan Sulawesi; Regional 3 meliputi wilayah DIY, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan; Regional 4 meliputi wilayah Jawa bagian timur, Bali, NTB, NTT, wilayah Maluku dan wilayah Papua.

Waktu dan Tempat pelaksanaan KRI Regional 1 adalah:

  1. Regional 4 tanggal 4-6 Mei 2017 di Universitas Brawijaya, Malang.
  2. Regional 3 tanggal 11-13 Mei 2017 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
  3. Regional 2 tanggal 18-20 Mei 2017 di Universitas Telkom, Bandung.
  4. Regional 1 tanggal 23-25 Mei 2017 di Universitas Sriwijaya, Palembang.

Pemenang Kontes Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Robot Tingkat Nasional pada tanggal 6-9 Juli 2017 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

Untuk dapat mengikuti KRI 2017, setiap tim calon peserta harus mengajukan proposal yang ditujukan ke Panitia Pusat KRI 2017 dengan persetujuan Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing Perguruan Tinggi. Persyaratan tim, mekanisme pengajuan proposal dan form pendaftaran dapat dilihat pada Panduan KRI 2017.

IST AKPRIND Yogyakarta masuk dalam regional 3 yang direncanakan kegiatan kontes tingkat regionalnya pada 18-20 Mei 2017 di Yogyakarta (status dalam konfirmasi).

Tim Brahmana pada kategori KRAI diketuai oleh Adi Arifin (T.Elektro 2014) dengan Anggota berjumlah 2 orang yaitu Rangga sinatra (T.Elektro 2014) dan Aryono priyambudi (T.Elektro 2014). Sementara itu pada tim mekanik sejumlah 3 orang diantaranya adalah Altaf Zahra (T.Mesin 2015), Adi Pratomo (T.Elektro 2015), dan Muhammad Nurhusna Minandin (T.Elektro 2015).

Sedangkan pada kategori KRPAI Berkaki Tim Mahaprana diketuai Keke Aziz Al Amien (T.Elektro 2014) dengan beranggotakan 1 orang yaitu Muchamad Rizal Rinaldi (T.Informatika 2014) serta 1 orang Mekanik yaitu Bagus Prabowo (T.Elektro 2015).

Selamat bertanding Tim Brahmana dan Tim Mahaprana IST AKPRIND Yogyakarta, semoga Juara!

 

3 thoughts on “Persiapan Tim Robotika IST AKPRIND pada KRI 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *