Tim Roket IST AKPRIND Yogyakarta

Tim Roket IST AKPRIND Yogyakarta

Sosialisasi & Koordinasi Tim Roket IST AKPRIND Yogyakarta bersama Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan IST AKPRIND Yogyakarta

koordinasi tim roket dg wr3

Setelah menjuarai  ajang Komurindo Kombat 2016 pada posisi 3 kategori EDF, Tim Bimasakti IST AKPRIND Yogyakarta kembali akan mengikuti ajang yang sama pada tahun 2017 ini. Komurindo adalah kompetisi tahunan rancang bangun muatan roket dan roket EDF tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan sejak 2009. Dalam ajang ini, para mahasiswa ditantang untuk membangun suatu sistem monitoring dan pengukuran yang stabil, akurat, dan presisi di bidang peroketan. Selain itu, mahasiswa juga belajar membangun roket EDF. Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun serta pengujian roket dan muatannya. Kompetisi ini sekaligus meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam teknologi penginderaan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket.

Kombat adalah kompetisi untuk mengamati atmosfer dari permukaan bumi dengan menggunakan balon sonde atau radiosonde. Balon sonde tersebut akan memberikan informasi mengenai parameter-parameter atmosfer seperti tekanan udara, temperatur, dan kelembaban. Observasi mengenai kondisi atmosfer ini merupakan satu instrumen penting dalam berbagai berbagai penelitian di bidang terkait cuaca dan iklim. Kompetisi tahunan ini berlangsung sejak 2014. Ajang bergengsi ini merupakan kerjasama LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Berbagai persiapan sedang dilakukan Tim Roket IST AKPRIND Yogyakarta diantaranya adalah melakukan seleksi masuk anggota baru. Dalam seleksi ini diikuti tidak hanya mahasiswa dari jurusan teknik elektro, namun juga dari jurusan teknik informatika. Pada pembagian kerja tim ini nanti, mahasiswa dari jurusan teknik elektro nantinya akan mengembangkan sistem elektronis (hardware) diantaranya sistem pengendali (controller), sistem sensor, dan sistem penggerak (actuator) roket sekaligus merancang serta membuat mekanik roket. Sedangkan mahasiswa dari jurusan teknik informatika nantinya akan mengembangkan sistem perangkat lunak (software) menjadi sebuah aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface) dari berbagai bahasa pemrograman yang mendukung dengan sistem antarmuka yang sesuai dengan parameter standar yang sudah ditetapkan panitia komurindo.

Pada tahun ini, IST AKPRIND Yogyakarta akan ikut serta dalam 3 kategori yaitu:

  1. Muatan Roket “Pemantauan Grafis Sikap Luncur Roket Uji Muatan dalam Visualisasi Odometri Tiga Dimensi (3D odometry graphics visualization)”
  2. Wahana Sistem Kendali “Pengendalian Roket Electric-Ducted-Fan(EDF) dalam mencapai sasaran secara horizontal”
  3. Muatan Balon Atmosfer “Teknologi Muatan Balon Untuk Observasi Atmosfer dan Maritim”

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan IST AKPRIND Yogyakarta Ir. Joko Waluyo, MT. memberikan sambutan pada acara sosialisasi lomba serta koordinasi tim roket 2017 sekaligus memberikan semangat kepada tim roket yang terpilih dalam seleksi internal yang diadakan sebelumnya. Didampingi oleh Pembina Tim Roket Sigit Priyambodo, ST., MT., Wakil Rektor 3 menegaskan bahwa semangat yang kuat merupakan modal dasar dalam berkarya. Sehingga hasil yang diharapkan dapat lebih baik dari tahun sebelumnya.

Bertempat di Rg. Sidang 2 Kampus Balapan IST AKPRIND Yogyakarta, acara yang dilaksanakan pada Kamis, 16 Maret 2017 berlangsung selama 60 menit ini sekaligus menunjuk 2 pembina tim roket kategori lainnya. Terpilih sebagai pembimbing tim roket kategori Muatan Roket dan Muatan Balon Atmosfer adalah Dosen Jurusan Teknik Elektro yaitu Denny Hardiyanto, ST., M.Eng. dan Dyah Anggun Sartika, ST., M.Eng.

Time schedule and Place

Rangkaian Kegiatan Komurindo 2017

27 Februari 2017 – 3 April 2017 Pendaftaran online – batas Akhir Proposal Masuk
4 April 2017 Evaluasi Proposal (administratif, dilakukan oleh LAPAN)
6 April 2017 Pengumuman Tahap I
26 Mei 2017 Batas akhir pengumpulan Laporan Perkembangan (Evaluasi Tahap II)
29 Mei 2017 Seleksi Tahap II
31 Mei 2017 Pengumuman Peserta Nasional
18 Juli 2017 Workshop untuk Peserta Nasional
22 – 25 Agustus 2017 Pelaksanaan Kompetisi

Rangkaian Kegiatan Kombat 2017

27 Februari 2017 – 3 April 2017 Pendaftaran online – batas Akhir Proposal Masuk
5 April 2017 Evaluasi Proposal (administratif, dilakukan oleh LAPAN)
6 April 2017 Pengumuman Tahap I
26 Mei 2017 Batas akhir pengumpulan Laporan Perkembangan (Evaluasi Tahap II)
30 Mei 2017 Seleksi Tahap II
31 Mei 2017 Pengumuman Peserta Nasional
19 Juli 2017 Workshop untuk Peserta Nasional
22 – 25 Agustus 2017 Pelaksanaan Kompetisi

sumber: http://komurindo-kombat.lapan.go.id/index.php/page/read/time-schedule-and-place

Keep Spirit Tim Roket IST AKPRIND Yogyakarta, semoga berhasil membawa juara!

 

3 thoughts on “Tim Roket IST AKPRIND Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *